Senin, 20 September 2010

AGAMA KHONGHUCU...AGAMA ATAU FILSAFAT...????

      Sering kali pandangan Umum mengatakan "...Apakah Khonghucu itu agama atau filsafat..." bahkan ada beberapa pihak mengatakan bahwa "...sulit menerima Khonghucu itu Agama sebab didalam ajarannya tidak tidak mengajarkan tentang kehidupan setelah mati...".
       Dari kedua hal yang sering saya jumpai/dengar, saya sebagai umat Khonghucu dengan jelas dan tegas saya menyatakan bahwa Agama Khonghucu itu adalah AGAMA. Dengan alasan :
  1. Theodicy adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa Yunani Theoyang artinya Tuhan dan dike yang artinya pertimbangan. Theodicy disebut juga Natural Theology artinya ilmu yang mempelajari Tuhan berdasarkan pemikiran logis.
    Theology adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa romawi (latin) Theos yang artinya Tuhan dan Logos yang artinya firman atau wahyu. Theology artinya ilmu yang mempelajari Tuhan berdasarkan firman atau wahyu. Umat Islam percaya Alquran adalah Firman Tuhan, maka mereka menjadikan Alquran sebagai ensiklopedia agama mereka. umat Kristiani percaya Alkitab adalah Firman Tuhan, maka mereka menjadikan Alkitab sebagai ensiklopedia agama mereka. Umat Khonghucu percaya, kitab Si Shu dan Wu Jing adalah Firman Tuhan, maka mereka menjadikan kitab Si Shu dan Wu Jing sebagai ensiklopedia agama mereka.    
  2. Syarat utama sebuah agama dapat dipelajari secara Theologia adalah keberadaan standard ajaran agama tersebut. Untuk zaman ini dapat dikatakan, bila agama tersebut memiliki kitab suci, maka agama tersebut dapat dipelajari secara Theologia. 
  3. Hal-hal yang perlu diketahui untuk menunjang bahwa Agama Khonghucu adalah AGAMA  :
    • Mengangkat Konfusius sebagai salah satu nabi (先知)
    • Menetapkan Litang (Gerbang Kebajikan) sebagai tempat ibadah resmi, namun dikarenakan tidak banyak akses ke litang, masyarakat umumnya menganggap klenteng sebagai tempat ibadah umat Khonghucu.
    • Menetapkan Sishu Wujing (四書五經) sebagai kitab suci resmi
    • Menetapkan tahun baru Imlek, sebagai hari raya keagamaan resmi
    • Hari-hari raya keagamaan lainnya; Imlek, Hari lahir Khonghucu (28-8 Imlek), Hari Wafat Khonghucu (18-2-Imlek), Hari Genta Rohani (Tangce) 22 Desember, Chingming (5 April), Qing Di Gong (8/9-1 Imlek) dsb.
    • Rohaniawan; Jiao Sheng (Penebar Agama), Wenshi (Guru Agama), Xueshi (Pendeta), Zhang Lao (Tokoh/Sesepuh).

    2 komentar:

    1. Saya boleh tanya tanya mengenai agama Konghuchu tidak? Saya mahasiswa UNSIL dan kebetulan saya ada tugas untuk presentasi, saya mengangkat tema Konfusianisme, dan dari semua buku yang saya baca, Konfusianisme merupakan sebuah ajaran filsafat, bukan agama. Tapi di Indonesia, ternyata Konghuchu diresmikan sebagai agama. Jika berkenan, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan.

      BalasHapus
    2. Saya boleh tanya tanya mengenai agama Konghuchu tidak? Saya mahasiswa UNSIL dan kebetulan saya ada tugas untuk presentasi, saya mengangkat tema Konfusianisme, dan dari semua buku yang saya baca, Konfusianisme merupakan sebuah ajaran filsafat, bukan agama. Tapi di Indonesia, ternyata Konghuchu diresmikan sebagai agama. Jika berkenan, saya ingin mengajukan beberapa pertanyaan.

      BalasHapus