Selasa, 11 Januari 2011

XUAN TIAN SHANG DI


Oleh: Ws. Darmadi Slamet B. Sc.



Pemujaan XUAN TIAN SHANG DI telah ada sejak Dinasti SHANG (1766 – 1122 SM), dimana Umat Khonghucu saat itu pada musim panas atau XIA JI, di malam hari langit yang cerah, menyaksikan sinar terang Bintang Utara, yang mana merupakan misteri kekuasaan Tuhan. XUAN TIAN SHANG DI secara etimologi dapat diartikan sebagai Malaikat penilik kehidupan manusia dari alam gaib yang penuh misteri dan kegelapan, sesuai dengan arti kata XUAN yang berarti misteri.

XUAN TIAN SHANG DI disebut pula Malaikat Bintang Utara, yaitu Malaikat yang mewartakan kelahiran Nabi KONG ZI dengan menyampaikan wahyu kepada Ibunda YEN ZHENG ZAI, “Terimalah Karunia TIAN, engkau akan melahirkan seorang putera yang nabi, dan engkau harus melahirkan di KONG SANG” (nama sebuah gua yang kering di bukit selatan (NAN SHAN).

XUAN TIAN SHANG DI diwujudkan sebagai sesosok jendral/panglima yang membawa pedang di tangan kanan, dan bendera hitam (tanda pemberi perintah) di tangan kiri, duduk di kursi dengan sepasang kaki yang menginjak kura-kura dan ular. Kura-kura melambangkan perut yang senantiasa menginginkan isi yang banyak, yang artinya keserakahan/tamak akan harta benda. Sedangkan ular melambangkan keinginan/hasrat yang terlampau banyak. Kura-kura dan ular diinjak, artinya keserakahan/tamak maupun keinginan/hasrat dapat dikendalikan. Dengan demikian, segenap umat yang menyaksikan JIN SHEN/Patung Perwujudan XIAN TIAN SHANG DI, dapatkah kiranya menghayati makna yang terkandung di dalamnya.

Banyak cerita rakyat yang mengkisahkan perihal kehidupan XIAN TIAN SHANG DI. Bahkan ada yang mengkisahkan bahwa Kaisar Pendiri Dinasti MING (1368 – 1644 SM) yang bernama ZHU YUAN ZHANG (1368 – 1399 SM) yang bergelar MING TAI ZHU adalah titisan XIAN TIAN SHANG DI. Hal ini karena saat perjuangan melawan Tentara Mongol dari Dinasti YUAN (1279 – 1368 SM), Beliau mengalami kekalahan dan melarikan diri ke WU DANG SHAN (Gunung BU TONG), dimana disana terdapat Tempat Pemujaan XUAN TIAN SHANG DI. Berkat petunjuk yang diterima, akhirnya Beliau dapat memenangkan peperangan. Guna menyampaikan puji syukur, maka tempat pemujaan tersebut dipugar dan terdapat Patung Kaisar Dinasti MING yang disebut ZHEN WU DA DI, yang merupakan titisan XUAN TIAN SHANG DI.

Hari peringatan bagi XUAN TIAN SHANG DI, yaitu Bulan III tanggal 3 Imlek menyambut turunnya XUAN TIAN SHANG DI dan Bulan IX tanggal 9 Imlek Kenaikan XUAN TIAN SHANG DI. Di latar belakang JIN SHEN/Patung XUAN TIAN SHANG DI terdapat pula tulisan HE DI yang memiliki pengertian sama dengan XUAN, yang berarti hitam atau misteri, sebagai khalik alam semesta yang sifatnya penguasa teratas. Kata BEI XING adalah Bintang Utara sebagai Pembawa Pesan  Illahi, Bintang Utara yang terang sebagai kiblat peta langit. Juga terdapat lambang TAI JI, YIN YANG, dan BA GUA, sebagai lambang alam semesta yang penuh misteri.



Selesai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar